Manusia tidak semata hanya mahluk biologis - Blog Ilmu Sosial Budaya
Ads Here

Friday, November 18, 2011

Manusia tidak semata hanya mahluk biologis

Manusia adalah mahluk biologis
Hewan dan manusia adalah mahluk biologis. Biologi dalam bahasa yunani  dapat diartikan bios(hidup) dan logos(ilmu), jadi manusia dan hewan itu adalah mahluk hidup atau mahluk biologis. Selain hidup mereka juga memerlukan makan dan minum serta kebutuhan lainnya. Namun, yang menjadi pembeda adalah  manusia mempunyai akal .

Manusia sebagai mahluk berbudaya
          Nah, sekarang kita bahas manusia sebagai mahluk berbudaya. Apa buktinya? Apa yaah.. Wong saya juga gak tahu.. hehee (intermezzo dikit). Kita lanjut, arti budaya itu sendiri adalah rasa, cipta, karsa, dan karya. Jadi manusia berbudaya itu misalnya dalam hal makan dan minum. Hewan makan dan minum dimana saja, tidak perduli makanan dan minuman itu bersih atau kotor yang penting kebutuhannya terpenuhi. Tetapi manusia berbeda dengan hewan karena manusia diberi akal. Dari akal itu manusia berfikir dan mencipta. Misalnya, untuk minum manusia tidak mungkin sama dengan hewan, kalau sama apa kata dunia? Hehee.. jadi sebagai pembeda manusia menciptakan tatacara untuk minum misalnya menciptakan tempat minum seperti gelas dan airnya pun dimasak dahulu.

Manusia sebagai mahluk sosial  
          Selain sebagai mahluk biologis dan mahluk berbudaya. Manusia juga disebut sebagai mahluk sosial. Apa buktinya? Berikan contoh? Jelaskan? Buktinya manusia hidup saling membutuhkan satu sama lain, manusia memiliki kebutuhan berinteraksi dengan orang lain, manusia tunduk pada peraturan  atau norma yang telah dibuat suatu daerah, dan perilaku manusia mengharapkan penilaian dari orang lain. Salah satu contoh manusia sebagai mahluk sosial yaitu, saling menolong, terjadinya interaksi seperti jual-beli di pasar, belajar-mengajar di sekolah.  

No comments:

Post a Comment